Jangan Beri Makan Kucing Nasi Jika Tak Mau Begini

Kucing tergolong hewan yang paling banyak dipelihara manusia. Saking akrabnya dengan kucing, tidak jarang pemilik yang memberikan menu makanan yang sama pada hewan peliharaanya itu, salah satunya nasi.

Dokter hewan hewan Angela Maharani mengatakan pemberian nasi dapat membuat kucing muntah karena tidak bisa dicerna dalam sistem pencernaan hewan berbulu itu.

“Nutrisi utama kucing itu protein bukan karbohidrat. Saya pernah beri vaksin kucing tapi dia muntah nasi. Padahal pemilik mengaku terakhir memberi makan 12 jam lalu. Jadi memang nasi susah dicerna kucing,” kata dr Angela pada temu media di Jakarta, Jumat (25/11/2017).

Dokter Angela mengatakan, sebaiknya kucing diberi makanan khusus yang memang diperuntukkan untuk kucing. Ia pun merinci dua jenis makanan kucing yang ada yakni tekstur kering dan basah. Namun ia lebih merekomendasikan makanan kucing yang basah karena rendah karbohidrat.

“Lebih baik diberikan makanan kucing yang basah, karena rendah karbohidrat, dan kandungan udaranya rendah sehingga lebih bagus dicerna kucing,” ungkapnya.

Serupa dengan manusia, kucing juga tergolong picky eater atau pemilih makanan. Karena itu, drh Angela menyarankan pemilik harus pintar-pintar memberi makanan kucing yang bervariasi dari segi rasa, tipe protein dan tekstur.

“Kucing juga membutuhkan makanan yang bervariatif untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Kandungan yang harus ada pada makanan kucing antara lain protein tinggi, asam lemak, asam amino, vitamin dan mineral,” tandasnya.

sumber: Suara.com

Related posts

Leave a Comment